Soal dan Pembahasan Neraca Massa - Azas Teknik Kimia 5 (Pengenalan Dengan Reaksi)

March 28, 2020

Soal 1 : Neraca Massa dengan reaksi
Acrylonitrile diproduksi dari reaksi propilen, amoniak, dan oksigen sebagai berikut:


Umpan mengandung 10% mol propilen, 12% amoniak, dan 78% udara. Konversi untuk reaktan pembatas adalah sebesar 30%. Dengan menggunakan 100 mol umpan sebagai basis perhitungan, tentukan siapakah reaktan pembatasnya dan berapa mol masing-masing produk yang dihasilkan dari 30% konversi reaktan pembatas tersebut.


JAWABAN

Dalam 100 mol umpan, terdapat 10 mol propilene, 12 mol amoniak, dan 78 mol udara. 
Udara terdiri dari 79% Nitrogen dan 21% Oxygen. Sehingga, mol Nitrogen dan mol Oxygen secara berturut-turut adalah 61,6 mol dan 16,4 mol.

Sehingga, dalam 100 mol umpan, terdapat 10 mol propilene, 12 mol amoniak, dan 16,4 mol Oxygen (sisanya Nitrogen)

Untuk menentukan reaktan pembatas, mol masing-masing reaktan dapat kita bagi dengan koefisiennya dalam reaksi. Reaktan yang memberikan nilai paling kecil adalah merupakan reaktan pembatas.




Dapat dilihat bahwa Propilene (C3H6) merupakan reaktan pembatas. Sehingga, nilai konversi sebesar 30% yang diketahui disoal adalah konvesi C3H6.

Diagram permasalahan soal ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini



Dapat dilihat bahwa C3H6, NH3, dan O2 pada aliran produk dikurangi dengan r karena ketiga reaktan tersebut akan berkurang karena reaksi. Dapat dilihat pula bahwa nilai r perlu dikali dengan koefisiennya pada reaksi

Disisi lain, C3H3N dan H2O pada aliran produk memiliki nilai r yang positif karena jumlahnya bertambah dengan berjalannya reaksi (produk reaksi)

Berbeda dengan yang lainnya, N2, yang tidak terlibat dalam reaksi memiliki nilai yang sama baik pada umpan maupun pada produk. 

Berikutnya, untuk menghitung nilai masing2 komponen pada aliran produk, perlu ditentukan terlebih dahulu nilai "r" yang bisa kita dapatkan dari "konversi reaktan pembatas". Kita sudah menentukan bahwa reaktan pembatasnya adalah C3H6, sehingga nilai r = 30% x 10 mol = 3 mol.

Sehingga masing-masing komponen dalam aliran produk dapat dihitung sebagai berikut:




Soal 2 : Neraca Massa dengan reaksi lebih dari satu
Reaksi-reaksi berikut terjadi selama proses reduksi bijih besi 



Bila 4 mol/jam H2 dan 1 mol/jam Fe3O4 masuk kedalam reaktor dan dihasilkan 0,1 mol/jam Fe3O4 dan 2,5 mol/h Fe beserta produk lainnya, maka berapakah laju alir mol H2, H2O, dan FeO yang keluar reaktor? 

JAWABAN

Diagram permasalahan soal ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini (Reaksi reduksi Fe3O4 dinotasikan sebagai reaksi 1, r1, dan reaksi reduksi FeO dinotasikan sebagai reaksi 2, r2)

Untuk dapat menghitung laju alir mol H2, H2O, dan FeO perlu terlebih dahulu dihitung nilai r1 dan r2. Nilai r1 dapat dihitung dari Fe3O4 di aliran produk, dan nilai r2 didapat dari Fe pada aliran produk.



Referensi:
[1] Elementary Principles of Chemical Processes, Felder and Rousseau
[2] Introduction to Material & Energy Balance, G.V. Reklaitis

You Might Also Like

1 comments

  1. Tanya min, soal nomor 1, konversi reaktan 30% bukankah artinya hasilnya (sisa reaksi) adalah 30% dari reaktan. Dalam hal ini reaktan 10 mol, maka 10-r= 3 (3 ini sisa reaksi), jadi nilai r adalah 7 mol. Bukan 3 mol? Mohon pencerahannya, terima kasih.

    ReplyDelete

Recent Post

Soal dan Pembahasan Neraca Massa - Azas Teknik Kimia 5 (Pengenalan Dengan Reaksi)

Soal 1 : Neraca Massa dengan reaksi Acrylonitrile diproduksi dari reaksi propilen, amoniak, dan oksigen sebagai berikut: Umpan me...

Visitors